10 Hal Yang Bisa Sobat Lakukan Saat Berada di Job Fair

Job fair adalah tempat yang sangat kompetitif. Kamu harus melakukan langkah-langkah terbaik agar bisa mendapat pekerjaan impian. Dan jika kamu baru saja lulus (sekolah maupun kuliah), maka menjadi sangat sulit untuk terlihat profesional di mata perusahaan.


Menurut penelitian, 48% dari lulusan baru tidak memiliki pekerjaan dan angka ini semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena bursa kerja semakin kompetitif dengan hanya membidik mereka yang kompeten dan mempunyai semangat kerja tinggi. Namun, jangan jadikan fakta ini sebagai alasan untuk menyerah. Dengan pendekatan yang tepat, kamu pasti bisa mendapat hasil yang memuaskan.

10 tips berburu pekerjaan di Job Fair berikut ini akan sangat membantu bagi kamu yang baru pertama kali memasuki kerasnya dunia kerja, sekaligus sebagai pengingat bagi kamu yang sudah berpengalaman.

1. Lihat daftar perusahaan

Begitu memasuki area Job Fair, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat daftar perusahaan yang berpartisipasi. Catat semua nama perusahaan tersebut dan tandai beberapa perusahaan yang kamu minati. Hal ini jauh lebih efektif ketimbang harus menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke satu booth ke booth yang lain.

2. Pilih rute terbaik

Ambil peta lokasi yang biasanya disediakan di pintu masuk atau tempat penerimaan tamu. Selanjutnya, cari lokasi perusahaan yang kamu minati tadi dan tentukan rute terbaik menuju ke sana sehingga lebih menghemat waktu dan energi.

3. Periksa lowongan pekerjaan

Pada setiap Job Fair pasti ada brosur yang biasanya dibagikan secara gratis atau memang disediakan di booth. Nah, setelah kamu berada di booth perusahaan yang kamu minati, ambil brosur yang disediakan untuk melihat lowongan pekerjaan yang mereka buka serta kualifikasinya.

4. Pastikan kamu terlihat tenang, bersemangat, dan antusias

Seperti apapun kondisimu, buatlah kesan yang baik pada semua perwakilan perusahaan. Kamu bisa memulai dengan tersenyum, berbicara ramah, dan menjadi pendengar yang baik.

5. Dekati pimpinan booth

Jika memungkinkan, ajak bicara pimpinan perwakilan perusahaan yang biasanya terlihat paling berpengaruh di booth. Mengapa? Karena kamu akan mendapat banyak informasi yang sangat berguna tentang profil perusahaan dan mekanisme perekrutan karyawan.

6. Pergunakan sesi wawancara dengan maksimal

Jelaskan kelebihan dan kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan, karena mereka sangat tertarik dengan potensimu. Siapkan sebuah pernyataan singkat tentang dirimu tanpa terselip kata-kata sombong. Dua menit saja sudah sangat cukup untuk hal ini. Ingat, kunci sukses dari wawancara pekerjaan adalah mengambil hati pewawancara.

7. Menjalin hubungan itu penting

Jadi, catatlah nama dan kontak yang bisa dihubungi (email atau nomor handphone) dari salah satu perwakilan perusahaan. Jika ada kartu nama, itu jauh lebih baik.

8. Tak masalah mengirim lebih dari satu berkas

Ketika kamu melakukan tindak lanjut perekrutan dengan mengirim surat lamaran pekerjaan, sertakan juga resume meskipun pihak perusahaan sudah memintanya di Job Fair. Dua salinan berkas sangat membantu perusahaan dalam melakukan tugas mereka. Berikan juga informasi bahwa kamu sudah bertemu dan diwawancarai perwakilan perusahaan saat Job Fair berlangsung. Ini bisa menjadi nilai lebih tersendiri.

9. Hubungi mereka

Satu minggu adalah waktu yang cukup lama untuk menunggu. Untuk itu, jangan sungkan untuk menanyakan keputusan perusahaan melalui telepon.

10. Jangan batasi diri

Yang terakhir, jangan menggantungkan nasib hanya pada satu kesempatan. Gunakan kekuatan internet untuk mencari peluang di perusahaan lain yang berpartisipasi pada Job Fair yang pernah kamu ikuti (inilah gunanya mencatat daftar perusahaan saat memasuki Job Fair). Periksa apakah perusahaan-perusahaan tersebut masih membuka lowongan pekerjaan atau tidak. Dengan cara seperti ini, kamu bisa berburu pekerjaan dengan sangat baik dan efektif.


Penulis/editor : Amanes Marsoum

0 Response to "10 Hal Yang Bisa Sobat Lakukan Saat Berada di Job Fair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel