Lirik Cing Cangkeling Lagu Daerah Sunda Yang Populer di Jawa

Tembang jawa memang tercipta memang untuk mengajarkan orang jawa jaman dulu agar selalu senan tiasa hidup dengan aturan dan tuntunan menceritakan manusia daru lahir samlai dewasa. Dan juga mengajarkan untuk selalu percaya dengan tuhan yang maha kuasa. Semua terkandung dalam sebelas tembang mocopat.

Nah kali ini kita akan membahaa buka tembang Jawa akan tetapi adalah tembang Sunda yang sangat populer dan mudah diingat.  Saya masih ingat ke tika SD sulu sekitar tahun 90 an saya juga diajarka lirik lagu ini si Sekolah SD saya. Walaupun memang letak Sekolah saya berada di Kabupaten Karanganyar. Saya juga sempat diajarkan untuk menghafal lagu Sunda ini.




Salah satu lirik yang saya saat ini "cing cangkeling manuk cingkleng cindeten " bukan hanya di Sunda saja lagu daerah ini juga sangat populer di Jawa Tengah.

Menurut beberapa artikel yang saya baca lagi ini pada jamanya dinyanyikan oleh anak anak saat bermain.  Dan ternyata isi daru lagu Sunda ini juga mempunyai arti yang bisa kita gunakan atau kita pelajari.

Dari lagu cing cangkeling ini bisa kita artikan jika kita mempunyai hati yang tenang, dan rendah hati maka kita akan mendapatkan rahmat dan pwnuh berkah dari yang maha kuasa

Berikut dibawan ini adalah lirik lagu Sunda "Cing Cangkeling"

Dengkleung dengdek buah kopi raranggeuyan 

Keun anu dewek ulah pati dihereuyan 

Cing cangkeling manuk cingkleng cindeten 

Plos ka kolong bapa satar buleneng 

Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan 

Keun anu dewek ulah pati dihereuyan 

Cing cangkeling manuk cingkleng cindeten 

Plos ka kolong bapa satar buleneng

Lirik lagu diambil dari beberapa artikel yang tersedia dan membahaa tentang lagu Cing Cangkeling

Belum ada Komentar untuk "Lirik Cing Cangkeling Lagu Daerah Sunda Yang Populer di Jawa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel