Arti Esuk Tempe Sore Dele dalam basa jawa

Esuk tempe

Tanpa disadari kata-kata bahasa jawa esuk tempe sore dele merupakan sindiran terhadap seseorang merasa kecewa dengan orang yang dipercaya karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kita terjemahkan dulu dalam bahasa indonesia arti esuk tempe sore dele, artiya pagi tempe sore kedelai. Kalau diblogika sepertinya tidak pas ya harusnya kan kedrlai dulu di olah baru kemudian difermentasi menjadi tempe.

Esuk tempe sore dele merupakan kiasan atau peribahasa jaws untuk orang yang mengabil keputusan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan atau direncanakan, sering mengingkari janji , orang yang plin-plan, mencle-mencle, tidak konsisten, dan sering sekali sudah bicara muluk panjang lebar tetapi tiba tiba berubah lagi pada saat diterapkan

Kiasan atau peribahasan ini memang sudah  lazim dipakai oleh orang jawa ketika mengungkan kekecewaan terhadap orang yang sudah dipercaya namun mengingkari atau sering berubah pikiran/ apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

Sifat inilah yang membuat orang bisa mudah terbawa arus karena tidak punya pendirian yang tetap.

Esuk tempe sore dele merupakan bahasa jawa ngoko, bahasa sehari-hari pada saat ngobrol, mengungkapkan kekesalan, atau saar bercanda dengan teman dekatnya.

Diatas sesikit pembahasan tentamg peribahasa esuk tempe sore dan semoga bisa bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Arti Esuk Tempe Sore Dele dalam basa jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel