Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Istilah Membeli Dalam Bahasa Jawa

tuku

Membeli dalam bahasa jawa mempunyai beberapa istilah atau ragam kata. Kali ini admin akan membahas beberapa istilah bahasa jawa untuk kata membeli. Mudah mudahan dapat membantu dalam belajar Bahasa Jawa nya.

Jika dalam bahasa indonesia istilah membeli atau beli sesuatu sering kali diawali dengan kata beli atau membeli. Sebagai contoh beli bajun, beli nasi  membeli beras dan lain sebagainya.

Beli atau membeli jika dalam bahasa jawa adalah tuku atau tumbas dua kata Bahasa Jawa ini mempunyai arti yang sama .

"Tuku" adalah bahasa jawa ngoko atau kasar sering sekali dipakai untuk percakapan dengan teman kita sedangkan kata "Tumbas" lebih dipakai ketika berbicara dengan orang tang kita hormati.

Tuku dan Tumbas mempunyai arti yang sama  yaitu beli dan merupakan kata yang dipakai pada umumnya untuk menceritakan membeli barang.
Dalam bahasa jawa ada beberapa klasifikasi membeli atau istilah-istilah membeli yang wajib kamu mengerti dan pelajari diantaranya adalah.

1. Nempur

Bisasanya orang jawa ketika membeli beras adalah menggunakan kata nempur / kegiatan saat orang jawa membeli beras disebut nempur. Bukan  tumbas beras atau tuku beras tapi diistilahkan dengan kata nempur.

2. Nebas

Dalam bahasa jawa nebas adalah istilah memborong dalam jumlah banyak berupa hasil panen, sebagai contoh padi, membeli buah buahan  seperti rambutan dan lainya

3. Nggenteni

Ini adalah istilah untuk membeli barang seken dari seseorang atau teman.

4. Ngreyen

Istilah habis membeli barang seperti sepeda motor atau mobil  dan kemudian baru pertama kali mengoperasikannya atau memakainya

5.Mipik

Mipik biasanya diperuntuhkan kepada seseorang yang sedang membeli barang baru ketika mendapatkan rejeki yang lebih dan membeli barang-barang yang bermerk seperti baju, sepatu dan lainya

Posting Komentar untuk "5 Istilah Membeli Dalam Bahasa Jawa"