Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Aqiqah Dalam Islam

Hidup adalah sebuah anugerah terbaik bagi manusia yang diberikan oleh Sang Pencipta, dan setiap manusia sudah ditakdirkan untuk hidup berpasang-pasangan dan diharapkan hidup bahagia, dan kebahagiaan sebuah pasangan adlah mempunyai momongan , mempunyai seorang anak.

mempunyai anak adalah rezeki yang tak terkira. bagi muslim mempunyai momongan hukumnya sunnah muakkad artinya aqiqah wajib dilakukan bagi keluarga yang mampu wajob melakukan aqiqah . sedang bagi keluarga yang tidak mampu benar-benar tidak mampu bisa ditiadakan atau tidak wajib.

hari yang baik untuk melakukan aqiqah bisa dilakukan dihari ke-7, naum jika berhalangan ada sesuatu yang akhirnya belum bisa dilakukan bisa dilakukan di hari ke 14 atau ke 21  setelah kelahiran. dalam aqiqah umat islam jika melahirkan anak perempuan adalah memotong 1 kambing atau domba sedangkan bayi laki-laki adalah dengan memotong 2 kambing atau domba.

melakukan aqiqah apa itu aqiqah? melakukan penyembelihan domba atau kambing yang kemudian bisa dibagikan kepada para tetangga ini adalah arti sederhananya tapi secara agama aqiqah memunyai makna dan arti yang sangta luas

Rasulullah bersabda: “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.”

Aqiqah bisa dilakukan denga beberapa cara berikut ini
  1. Harus sesuai dengan waktu yang diajurkan yaitu hari yang baik adalah hari ke setelah dilahirkan  
  2. Jika bayi perempuan memotong 1 kambing atau domba jika bayi laki-laki memotong 2 kambing atau domba Hadits Aisyah r.a: “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi)
  3. Hewan yang dipotong sehat dan umur tidak boleh kurang dari setengah tahun                                 
  4. Membagikan hewan aqiqah kepada para tentangga dan kerapat dalam keaadan sudah matang atau diolah Firman Allah SWT: “Mereka memberi makan orang miskin, anak yatim, dan tawanan, dengan perasaan senang”. - Q.S. Al-Insan (8)  
  5. Memberi nama anak pada saat aqiqah                                                                       
  6. Proses mencukur rambut pada saat aqiqah
  7. Membaca doa saat menyembelih hewan "Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin." Artinya : “Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud) 
  8. Bacaan doa bagi bayi yang diaqiqahkan:"U'iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli 'ainin laammah." Artinya : "Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian."



Syukuri Apa yang ada...Hidup adalah anugerah...77 Tahun Indonesia Merdeka.Bersama Pak Ratno Aqiqoh Layanan Aqiqah Dan Nasi Box Solo Raya Kidul Palang-Fly Over Palur Solo Wa.me/08813740346 Monggo Bapak Ibu  Sahabatku semua..yang mau merapat..sudah matang siap saji gak ribet masak sendiri hemat waktu dan biaya gratis ongkos kirim..Praktis Dan Halal 



Posting Komentar untuk "Tata Cara Aqiqah Dalam Islam"