Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempertahankan Kesehatan Tulang Dan Tubuh Kita


Dalam bahasa jawa tulang disebutnya balung dalam bahasa jawa halus adalah tosan. Tulang sendiri merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting.maka dari itu kesehatan tulang dan tubuh kita sangat penting sekali untuk menunjang aktifitas yang kita lakukan sehari. Dalam bahasa jawa "otot kawat balung wesi" jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah otot seperti kawat tulang bagaikan besi. Kalimat ini muncul sebagai gambaran untuk tokoh ksatria dalam cerita wayang yaitu Gatotkaca. Pada awalnya Gatotkaca dilahirkan dalam wujud raksasa dalam cerita wayang Gatotkaca merupakan salah satu anggota Pandawa yaitu Bima. Masyarakat jawa kuno sebenarnya sudah melakukan cara untuk menyehatkan tulang dan tubuh sejak jaman dulu yaitu dengan munculnya racikan jamu-jamu tradisonal yang berasal dari berbagai macam varian tumbuhan di sekitarnya. 

Saat ini beberapa sayuran juga dipercaya bisa menyehatkan tulang salah satunya adalah kangkung, selain sayuran kangkung, ikan sarden dan kacang polong juga dipercaya mempunyai zat kalsium yang baik sebagai nutrisi tulang, lagi-lagi pola makan menjadi hal yang memang harus kita perhatikan, cara-menyehatkan tulang dan tubuh banyak bisa ditemukan di sekitar kita. Bisa dengan berkonsultasi kepada ahli gizi atau dengan cara tradisional seperti menggunakan obat herbal. 

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa saran dan tips bagaimana menyehatkan tulang dan tubuh

Berolah raga 

Olah raga secara teratur tidak berlebihan juga merupakan salah satu cara untuk menyehatkan tulang dan tubuh, salah satunya adalah berolah raga angkat beban. Menurut penelitian angkat beban dan latihan kekuatan dapat meningkatkan pertumbuhan tulang. Selain itu olah raga ini selain menyehatkan tulang juga dapat mempertahankan struktur tulang dalam tubuh.

Mengkomsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk tulang 

Beberapa makanan direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk menyehatkan tulang dan tubuh seperti mengkomsumsi sayuran atau makanan yang mengandung kalsium ,vitamin c, dan vitamin D. Ada yang berpendapat sayuran hijau dan kuning sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang.  Saranya hindari makan gorengan juga.  Mengkomsumsi kacang-kacangan,biji, dan polong polongan juga sangat baik untuk kesehatan tulang dan tubuh.  Dikarenakan dalam makanan ini mengandung atau kaya akan magnesium dan seng untuk membantu menganktifkan vitamin D. Magnesium diperlukan Karena meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang dan untuk mendorong pertunbahan dan kerusakan tulang dibutuhkan zat seng di dalam tulang. Mengkomsumsi Vitamin D sangat diajurkan saat ini banyak sekali varian vitamin D yang mudah kita dapatkan tentunya halal dan sudah terdaftar di BPOM. 



Salah satunya adalah Vitamin D 300 IU Kalsium  merupakan suplemen tulang sehat dengan formula kalsium, megandung vitamin C,D dan B6 . Varian Fruit Punch tube 10s dari CDR sangat cocok untuk orang dewasa sangat membantu sekali untuk kesehatan tubuh dan boleh juga diminum untuk ibu hamil dan menyusui untuk kebutuhan kalsiumnya. untuk mengkomsumsinya sangat mudah cukud dengan melarutkan tablet effervescent ke dalam segelas air. 

Mempertahankan berat badan dan menghindari diet kalori 

Ada banyak cara bagaimana kita melakukan diet akan tetapi cara yang baik untuk kesehatan tulang dan tubuh adalah dengan cara menghindari diet kalori dan berusaha mempertahankan berat badan sangat baik untuk mempertahakan kepadatan tulang.  Selain diet kalori diatas mengkomsumsi protein  sangat berpengaruh juga dengan kepadatan tulang kita

Dengan pola makan dan hidup yang sehat memperhatikan apa yang kita butuhkan seperti vitamin C, D dan B6 di harapakan bisa mencegah penurunan kepadatan tulang, dan perkembangan osteoporosis di kemudian hari. Saat tua nanti kesehatan tulang dan tubuh tubuh kita masih sehat 

Posting Komentar untuk "Mempertahankan Kesehatan Tulang Dan Tubuh Kita"