Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Monggo Pinarak Dalam Bahasa Jawa


Dalam bahasa Jawa satu ungkapan atau dua ungkapan bisa mempunyai banyak arti. Dalam artikel ini kita akan sedikit membahas dua arti dari bahasa Jawa Monggo Pinarak. 

Kata monggo Pinarak termasuk bahasa yang halus ketika kita bertemu atau sedang menyapa seseorang yang dihormati atau belum dikenal. Jadi  dalam situasi yang berbeda akan mempunyai makna dan arti yang berbeda-beda. 

Monggo  artinya dalam bahasa Indonesia adalah silhkan monggo termasuk dalam bahasa Jawa krama alus. Bahasa Jawa yang halus biasa digunakan untuk menyapa atau mempersilahkan orang yang dihormati atau belum dikenal. 

Pinarak artinya bisa mampir bisa menyuruh duduk  atau menyuruh masuk

Arti monggo Pinarak dalam situasi tertentu

Ketika kita sedang berjalan dan disapa dengan bahasa Jawa monggo Pinarak

misalkan ketika kamu sedang berjalan di desa atau kampung di Jawa Tengah  Surakarta atau Yogyakarta kalian kalau ada yang menyapa dan bilang monggo Pinarak mas atau mbak atau bu. Biasanya ini hanya ungkapan basa basi saja dan monggo Pinarak disini artinya adalah menyuruh kita untuk mampir cuma ungkapan ini hanya basa basi saja untuk mengisi obrolan dan tidak serius untuk menyuruh mampir kerumah. 

Arti monggo Pinarak ketika kita sedang bertamu. 

Arti monggo Pinarak disini adalah artinya kita dipersilahkan masuk. Atau dipersilahkan duduk ini dalam situasi di dalam rumah atau saat bertamu

Posting Komentar untuk "Arti Monggo Pinarak Dalam Bahasa Jawa"