Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Mbathi Dalam Bahasa Jawa


Membahas arti bahasa Jawa lagi. Yaitu bahasa Jawa yang biasa dipakai oleh orang Jawa dalam percakapan sehari-hari yang dipakai pada saat jual beli atau sedang menjalankan bisnis. 

Salah satunya adalah kata jawa Mbathi. Bahasa Jawa Mbathi berasal dari bahasa Jawa bathi yang artinya adalah untung. Kata Mbathi biasanya di katakan saat menusuh seseorang dengan konotasi yang terkadang negatif. 

Arti Mbathi jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah mengambil keuntungan. Kata Mbathi biasa ditujukan kepada para reseller atau makelar yang mengambil keuntungan dari barang yang dijualkan. Seperti menjual kendaraan atau barang lainya. 

Kata Mbathi menjadi negatif ketika seseorang mengambil keuntungan dengan cara yang tidak jujur. Contohnya ketika menjual sesuatu barang dengan harga Rp 20000 namun dibilangnya adalah Rp25000 jadi orang tersebut untung Rp5000 tanpa sepengetahuan dari pembelinya. 

Atau disuruh membeli barang dengan harga Rp 100000 namun dibilangnya ke penyuruh adalah Rp150000 jadi  yang disuruh tersebut  mengambil keuntungan Rp 50000

Bathi : Untung
Mbathi : Mengambil keuntungan
Bathi-ne: Keuntungannya

Posting Komentar untuk "Arti Kata Mbathi Dalam Bahasa Jawa"