3 Pemainan Tradisonal populer tahun 90an di Kabupaten Karanganyar yang Saat Ini Masih Dimainkan

Mungkin karena perkembangan jaman dan teknologi permainan tradisonal sudah tidak begitu popular di indonesia. Karena memang anak anak saat ini sudah lebih mengenal permainan permainan digital yang ada saat ini seperti game online, playstation. Dan lain sebagainya. Dan mungkin saja jika teknologi ini berkembang di tahun 90 anak anak tahun 90an juga akan sama seperti anak anak saat ini.




Ditahun 90an banyak sekali permainan tradisonal di indonesia. Permainan ini mengandalkan ketangkasan kepintaran dan kreatifitas saat bermain.

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa permainan tradisonal yang sering dimainkan oleh anak anak 90 an di kabupaten Karanganyar yang perlu kita perkenalan untuk anak anak saat ini agar bisa melestarikan permainan tersebut.



Permainan tradisional populer di Kabupaten Karanganyar.

1. SUDA MANDA

Permainan ini hanya bisa dimainkan lebih dari 1 orang mungkin 2 orang 3 orang atau 5 orang. Bentuk permainan ini memerlukan ketangkasan dan keseimbangan badan saat bermain. Permainan ini dilakukan di atas tanah yang dibuat kotak kotak menyerupai tangga. Dan memakai genteng sebagai gacuk ( gundu ).

Permainan dilakukan dengan melempar kotak yang pertama kemudian melompat dengan satu kaki melompat di setiap kotak sampai berhasil. Kecuali kotak yang sudah dikuasai oleh lawan tidak boleh kita lompati. Ini adalah permainan untuk memperoleh kotak sebanyak banyaknya untuk kita kuasai dan tidak boleh dilompati oleh lawan.

2.DAKON

Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang perempuan memakai papan kayu yang sudah dilubangi 16 bagian, yaitu 2 lubang untuk bandar dan 7 lubang berada di hadapan setiap pemain dakon.

Permainan ini dapat juga loh melatih jiwa dagang anak. Dan melatih nalar untuk berpikir dalam permainan dakon.
Selain menggunakan papan yang sudah dilubangi permainan ini juga biji bijian sebagai alatnya.

Awal mula permainan ini adalah melakukan suit siap yang mulai duluan. Dan dimulai dengan mengisi 1 biji di 7 lubang kecil dan seterusnya.

Bila biji yang kita masukan berakhir dilubangi biji yang masih ada bijinya kita bisa melanjutkan permainan dan seterusnya bila habis dilubangi biji yang tidak terisi di posis lubang lawan kita tidak boleh melanjutkan dan permainan berganti lawan yg memainkan.

Nah apabila biji habis di lubang bandar kita kita dapat kesempatan lusuh untuk mengambil biji di lubang lawan untuk kia masukan kekurang bandar kita.
Dan apabila biji kita berhenti di lubang biji sisi bagian kita kita dapat mengambil biji yang berhadapan dengan lubang kecil kita tersebut. Nah permainan akan berhenti apa bila 7 lubang biji kita atau lawan sudah tidak terisi permainan berhenti dan pemenang ditentukan dengan menghitung biji yang kita dapatkan. Dilubangi besar atau lubang bandar

3. NEKERAN ( Permainan Kelereng )

Di tahun 90an permainan ini sangat popular bisa dimainkan oleh anak laki atau perempuan. Biasanya ada 1 kelereng yang diandalkan sebagai senjata , gacuk , gundu sebagai alat permainan.

Banyak sekali versi permianan ini .hingga saat ini pun masih popular dimainkan. Yang paling popular permainan ini adalah memuat lingkaran dan kita taruh beberapa kelereng ditengah lingkaran untuk kita keluarkan memakai gacuk kita

Tergantung kesepakatan berapa kelereng akan kita taruh di tengah permainan dimulai dengan cara melempar kelereng dari jarak yang kita tentukan dan kita lempar sedekat mungkin dilingkaran tadi dan gacuk atau gundul siapa yang paling dekat mulai duluan.

Cara Permainanya adalan mengeluarkan kelereng dari dalam lingkaran memakai gacuk apabila berhasil keluar lingkaran kelereng jadi milik kita . Tapi gacuk juga harus bisa keluar dari dalam Lingkaran apabila gacuk masih didalam lingkaran maka kita mati dan tidak boleh ikut permainan lagi

Rekomendasi:

1 Tanggapan untuk "3 Pemainan Tradisonal populer tahun 90an di Kabupaten Karanganyar yang Saat Ini Masih Dimainkan"