Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulang Dalam Bahasa Jawa


Halo-halo kembali lagi bersama artikel intanpari.com yang masih akan membahasa kosakata bahasa jawa.  Dalam. Artikel yang ada di blog web intanpari ini tentunya kedepan tidak akan hanya membahas tentang bahasa jawa saja ya tentunya agar lebih luas jangkauannya dan diterima disemua pembaca tentunya segmen artikel lainya juga akan admin sajikan.

Kembali ke topik utama dan tetap tentang kosakata bahasa jawa. Dan yang akan admin kasih tau adalah kosakata pulang dalam bahasa jawa. Hayo ngaku yang orang jawa tapi tidak tahu apa saja kosakatanya.

Kosakata pulang dalam bahasa jawa

1.Muleh/mulih, bali, balek

Mulih kosakata bahasa jawa yang merupakan bahasa kasar. Biasa dipakai untuk percakapan dengan teman sebaya atau orang yang sudah sangat dekat. 

2. Mantuk

Merupakan ajakan pulang dalam Bahasa jawa halus biasa dipakai untuk mengajak anak kecil pulang atau orang terkasih agar lebih halus lembut dan mesra jika pakai kosa kata ini.

3. wangsul

Kata ini termasuk dalam bahasa ngoko jawa alus tapi terkesan sangat halus biasa dipakai untuk menanyakan kepada orang yang lebih tua, orang tua atau orang yang dihormati.


4. Kundur

Merupakan Bahasa Jawa Krama Inggil yang artinya pulang juga. Dan biasa dipakai untuk mengajak atau menyskan kepada orang yang disegani dan dihormati.

Semoga bermanfaat jika dirasa ada yang tidak sesuai silakan berkomentar dikolom komentar di bawah.

1 komentar untuk "Pulang Dalam Bahasa Jawa"

  1. wah keren, banyak orang jawa yang mengaggap mantuk itu alus, bapak mantuk saking kantor, kedahipun kan bapak kondur, kula mantuk

    BalasHapus