Kebiasaan 5 Menit Yang Berpotensi Mengubah Hidupmu

Faktanya, fokus kita pada hal yang benar-benar penting mudah sekali buyar. Setiap hari, kita dibombardir oleh segala macam gangguan dari segala arah. Jadi, mampu meminimalkan gangguan tersebut dan memfokuskan diri pada hal-hal yang penting akan sangat mempengaruhi seluruh hidup kita.

Bagaimana caranya? Ada kebiasaan yang tidak membutuhkan waktu lebih dari lima menit untuk melakukannya yang bisa memberi pengaruh signifikan pada hidupmu. Ini sangat sederhana, kamu hanya perlu memikirkan apa yang sebaiknya kamu lakukan.

Meluangkan waktu lima menit untuk membuat jadwal di hari berikutnya bisa membantumu tetap pada jalur menuju kesuksesan, menghilangkan banyak kegiatan yang tidak penting, serta memastikan kamu hanya melakukan apa yang paling penting.

Illustrasi | Picture Via Pexels.com




Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan jadwal harian.

1. Sisihkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai


Setiap hari, rencanakan beberapa waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai, apapun itu, meskipun hanya lima menit untuk melakukannya. Jika kamu rutin melakukan hobi ringan yang menyenangkan itu, hidupmu pasti berubah, begitu pun orang-orang di sekitarmu.

2. Tentukan prioritas hidupmu


Ketika membuat jadwal harian, pastikan kamu memberi porsi lebih pada hal yang menjadi prioritas utama. Jika bulan demi bulan kamu selalu mengabaikan apa yang penting dan justru menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, sudah saatnya kamu mengevaluasi diri.

Dengan konsisten membuat jadwal harian, kamu akan bisa cepat menyadari ketika tidak berada pada jalur yang tepat, bisa menggali lebih dalam lagi prioritas utamamu, dan mengevaluasi setiap hal dengan baik.

3. Kelompokkan kegiatan yang serupa


Pastikan kamu mengelompokkan kegiatan-kegitan yang mirip dan harus dilakukan di tempat yang sama. Mengapa? Karena hal ini bisa meminimalkan waktu yang terbuang dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya sehingga kamu menjadi lebih produktif. Kelompokkan dengan sebaik mungkin.

4. Tambahkan deadline


Deadline atau batasan waktu mempunyai fungsi yang sangat kuat karena bisa membantu meningkatkan etos kerja. Jadi berilah deadline pada setiap poin jadwal yang kamu buat. Ketika kamu merasa harus menyelesaikan aktivitas dalam batasan waktu tertentu, maka kebiasaan menunda tidak akan terjadi lagi.

Salah satu cara untuk memaksimalkan deadline adalah dengan menggunakan teknik Pomodoro. Teknik yang sangat sederhana ini bisa membantumu terus fokus selama waktu yang dialokasikan pada setiap tugas.

5. Sertakan langkah-langkah kecil menuju tujuan besar


Untuk menghasilkan kemajuan secara signifikan menuju tujuan besar, usahakan kamu selalu mengambil tindakan-tindakan kecil setiap harinya. Setiap hari, tulislah langkah dan tindakan untuk hari berikutnya yang berpotensi mendekatkanmu pada tujuan terbesarmu.

Bila diterapkan secara benar dan konsisten, strategi manajemen waktu ini bisa membantumu sebanyak orang-orang sukses yang telah berhasil karenanya. Sama seperti menulis buku harian, membuat jadwal harian adalah aktivitas yang sangat sederhana namun berpotensi mengubah hidupmu selamanya.

Ketika kamu bisa mengarahkan setiap waktu kemana harus pergi, kamu pasti bisa lebih fokus menjalani apa yang benar-benar paling penting dalam hidupmu. Apa dampak positifnya? Pastinya hidupmu akan lebih memuaskan, bahkan mungin melebihi apa yang telah kamu rencanakan dari sekarang.

Jadi, teruslah belajar dan kembangkan keterampilanmu membuat jadwal harian. Rasakan perubahan-perubahan yang terjadi setiap detiknya menuju hasil akhir yang kamu harapkan. Sekali lagi, membuat jadwal harian itu sangat sederhana, kesederhanaannya tidak sebanding dengan hasil luar biasa yang telah menunggumu di masa depan.

Editor / Writer : Amanses Marsoem

0 Response to "Kebiasaan 5 Menit Yang Berpotensi Mengubah Hidupmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel