Letak Kabupaten Karanganyar Terlengkap

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu nama Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Indonesia memang terdiri dari jajaran pulau-pulau indah nan menawan. Deretan pulau Jawa sendiri terdiri dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawat Timur. Pulau yang terbilang paling padat penduduknya ini memiliki letak geografis yang berbeda-beda. Artikel kali ini akan menginformasikan tentang letak geografi dari salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Karanganyar.

Gambar Peta Kabupaten Karanganyar dan foto taman Pancasila Karanganyar

Letak Geografis Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah


Kabupaten Karanganyar memiliki letak geografi pada ketinggian 511 meter di atas permukaan air laut. Iklim tropis yang dimilikinya membuat tempat ini terasa sejuk dan mudah ditanami berbagai macam tumbuhan. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo di sebelah baratnya. Jika dilihat dari sebelah timur, Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Sragen. Dilihat dari sebelah selatan, kabupaten Karanganyar berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Boyolali. Sedangkan jika dilihat dari sebelah utara, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan yang sudah termasuk dalam Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Karanganyar memiliki curah hujan yang cukup tinggi pada bulan Januari hingga bulan Maret. Setidaknya, terdapat 5 buah stasiun yang mengukur curah hujan di kabupaten ini. Kabupaten Karanganyar memiliki luas wilayah yang cukup besar. Dari data yang didapatkan, kabupaten ini memiliki luas sebesar 77.378,64 hektar. Untuk luas bangunan penduduk dan pekarangannya seidaknya ada 21.213.99 hektar. Anda juga bisa menemukan hutan milik negara yang cukup luas 9.729,50 hektar di kabupaten Karanganyar.



A post shared by intanpari (@intanpari) on

Perindustrian di Kabupaten Karanganyar

Bidang industri adalah bidang yang penting bagi masyarakat yang hidup di Kabupaten Karanganyar. Terdapat berbagai macam Industri kecil maupun industri rumah tangga yang ada. Jika dilihat dari data Dinas Perindustrian dan Perdagangan, telah ada peningkatan yang terjadi pada industri kecil dan menengah dari tahun ke tahun. Hal tersebut tentu saja bisa menjadi solusi dari permasalahan pengangguran. Selain itu, investasi yang ada di Kabupaten Karanganyar ini akan menjadi semakin meningkat.

Selain sektor perindustrian yang dikerjakan, sektor pertanian menjadi salah satu sektor pokok yang dikerjakan oleh masyarakat Kabupaten Karanganyar. Terdapat beberapa sektor pertanian yang dikerjakan. Cotnohnya saja pertanian tanaman bahan makanan, peternakan, perkebunan, perikanan, dan yang terakhir adalah kehutanan. Sektor pertanian sendiri menjadi salah satu  penghasil bahan makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat.

A post shared by intanpari (@intanpari) on


Sebagian besar lokasi yang berada di Kabupaten ini sangat berpotensi untuk ditanami sayur-sayuran. Hasil sayuran biasanya disalurkan ke kabupaten lain di sekitarnya. Untuk bidang peternakan, terdapat usaha peternakan sapi potong, kambing, berbagai macam jenis ayam, burung puyuh, bahan itik. Hasil peternakan yang dihasilkan pun cukup potensial.  Untuk bidang perkebunan sendiri, beberapa tanaman yang ditanam adalah teh dan karet. Namun, ada pula beberapa tanaman lain yang berpotensi untuk dikembangkan seperti tebu, mete, dan jahe.

Itulah beberapa informasi letak geografi dari Kabupaten Karanganyar. Untuk informasi tambahan, kabupaten Karanganyar memiliki banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Silahkan berkunjung.


0 Response to "Letak Kabupaten Karanganyar Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel