Ciri-Ciri Orang Yang Bertakwa berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 3 dan 4 - Kajian Ramadhan 1441 H

Kali ini memasuki malam Ramadhan hari kedua, dengan memberikan artikel tentang ciri orang yang bertakwa menurut Al Quran.


Adapun ciri orang bertakwa yang masuk surga berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 3 dan 4 :

Surat Al Baqaroh Ayat 3
ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ

Allażīna yu`minụna bil-gaibi wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Artinya  (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.


Surat Al Baqaroh Ayat 4
إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ 

 Wallażīna yu`minụna bimā unzila ilaika wa mā unzila ming qablik, wa bil-ākhirati hum yụqinụn

Artinya Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya

1.Percaya kepada yang ghaib, mestinya yg diterangkan dalam Al Qur’an maupun hadits Nabi seperti adanya Allah, adanya Malaikat, adanya Setan, adanya Siksa Kubur, adanya Alam Barzah, adanya Mizan Keadilan, Surga dan Neraka dll.

2.Mendirikan dan Mengerjakannya Salat adalah berbeda, sebab mendirikan shalat buah nya akan tercermin dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan mengerjakan shalat hanya menggugurkan kewajiban.

3.Berinfak, infak ada 2 : zakat dan infak manasuka. Zakat hukumnya wajib sedangkan infak manasuka hukumnya sunnah.

4.Yang beriman kepada ayat suci Al-Qur’an dan beriman kepada kitab-kitab dahulu sebelum Al Qur’an. Keterangan Iman kepada Al Qur’an : membaca, mempelajari, meyakini, dan mengamalkan Al Qur’an, adapun iman kepada kitab sebelum Al Qur’an cukup meyakini keberadaannya seperti kitab Taurat, Zabur, Injil.

5.Beriman kepada hari akhir, maksudnya : manusia harus yakin bahwa setelah mati nanti ada kehidupan yang lebih lama lagi di akhirat.


Kajian Ramadhan Ustad Sanusi

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Orang Yang Bertakwa berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 3 dan 4 - Kajian Ramadhan 1441 H"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel