Yang Dimaksut Panggulawentah dalam bahasa Jawa


Hayo siapa yang pernah dengar dengan kata Panggulawentah dalam bahasa jawa dan bingung apa sih sebenarnya arti dari panggulawentah tersebut.  Panggulawentah bisa dikatakan merupakan bahasa yang halus dalam bahasa jawa. Panggulawentah jika di artikan dalam bahasa Indonesia bisa berarti pendidikan dasar.

Maksut dari panggulawentah dalam bahasa Indonesia adalah mengubah watak seorang anak sejak dini dengan mengolah kejiwaan. Merubah watak, mematangkan perasaan, mengubah kepribadian dan lain sebagainya sejak dini.

Seperti halnya kita menempuh pendidikan tidak bisa langsung kejenjang yang lebih tinggi walaupun pintar tapi watak juga harus diolah karena itah pentingnya pendidikan dari dasar untuk mematangkan anak.

Lalu opo tegese panggulawentah dalam bahasa jawa.

Tegese panggulawentah yaiku ngolah bina kejiwaan, ngematengake rasa kepinginan lan watake bocah.

Membina dan mengolah watak seseorang sejak dini dari pendidikan dasar sangat penting sekali untuk masa deoan seseorang. Seseorang yang sukses juga awalnya afalah belajar apapun itu.

Dari pembelajaran awal dan pengalaman hidup itulah juga dapat memgolah jiwa. Kepribadian watak. Jika diawali dengan hal-hal yang buruk bisa jadi akhirnya akan buruk juga   walaupun banyak juga yang bisa berubah menjadi baik. Akan tetapi proses menjadi baik juga butuh mengolah belajar dan lain sebaginya. Karena bisa jadi watak sangat sulit untuk diubah

Belum ada Komentar untuk "Yang Dimaksut Panggulawentah dalam bahasa Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel