Petuah Populer Bahasa Jawa Penuh Makna

Petuah Atau Saran Penuh Makna Bahasa Jawa


Egois rasanya jika kita merasa mampu mekakukan semuanya sendiri dan itu tidak akan baik juga kedepanya. Melakukan segala sesuatu tentunya tidak boleh gegabah, atau kemrungsung dalam bahasa jawa. Apa yang kita lakukan alan lebih baik jika ada panduan dari awal atau saran.

Tentunya orang yang lebih berpengalaman akan lebih tahu dari pada kita yang hanya baru atau bahkan hanya tau teorinya saja. Tidak perlu malu meminta saran atau petuah dari dari orang agar kita bisa menjalakan sesuatu dengan baik. Tapi harus dipilah juga ya tidak asal menerima saran, jika saran dirasa meragukan kita berhak menolak jika baik kenapa tidak.

Dalam menjalani kehidupan banyak sekali cobaan yang harus kita hadapi. Seperti pepatah populer mengatakan hidup seperti roda kadang dibawah kadang diatas . Tapi hidup juga tak selamaya indah dan tak selamanya buruk.  Keadaan baik dan buruk dirasakan semua orang entah itu dari segi ekonomi, cinta dan lain sebagainya semua seimbang.

Ada beberapa petuah jawa populer yang bisa kita jadinya penyemangat atau motivasi dalam menjalankan kehidupan diantaranya.

1. Urip kui ajo gumunan, aja getunan ojo kagetan  lan ojo aleman. Hidup itubjangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal. Jangan mudah kaget dan jangan manja.

2. Aja keminter mundak keblinger, aja cidra mundak ciloko. Jangan metasa palaong pandai , dan jangan curang agar tidak celaka

3. Aja adigang, adigung adiguna. Jangan sombong dengan kekuatan,kedudukan, dan latar belakangmu , 

Selalu jaga tatakrama mengagung-agungkan kesududukan, latar belakang dam kekayaan bukanlah suatu hal yang baik. Kan lebih baik jika menjaga semuanya termasuk tatakrama.

4. Aja dadi uwong sing rumangsa paling pinter dewe. jangan jadi orang yang nerasa paling pintar sendiri

Menjadi orang yang palimg pintar sangat tidak baik, karena tanpa sengaja bisa merendahkan dan menjatuhkan mental seseorang dengan sifat seperti ini. Biasanya sifat seperti oni adala orang yang keras dan tidak mau mendapatkan saran dari orang lain.

5. Sapa nandur bakal ngunduh, siaoa yang menanam akam mendapatkan hasilnya

Segala sesuatu pasti ada sebab dan akibatnya jika kita berbuat baik orang akam berbuat baik dengan kita begitupum sebaliknya. 

Lima petuah jawa yang mudah-mudahan bisa menambah motivasi untuk memperbaiki diri.

Belum ada Komentar untuk "Petuah Populer Bahasa Jawa Penuh Makna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel