Arti Istilah Oglangan dan Dioglang dalam Bahasa Jawa Soloraya


Dengan beragamnya budaya di Indonesia kita akan selalu menemukan istilah baru ataupun  bahasa baru yanh asin di telingan kita. Akan ada iatilah yang berneda untuk menyebutkan 1 kejadian dari beberapa wilayah di Indonesia.

Contohnya saja bahasa Jawa Tengah dan Bahasa Jawa timur dari logat fam cara berbicara pun berbeda. Dan juga banyaka sekali istilah yang bebeda juga. 

Kadang sering sekali dan membuat kita bingung apa istilah dari bahasa jawa tersebut apalagi saat ini anak kecil lebih lancar menggunakan bahasa indonesia dari pada bahada jawa.

1. Oglangan
Sebuah istilah yang sering sekali dipakai oleh orang di soloraya seperti kota solo sendiri, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Boyolali, wonogiri, klaten. Hampir disebagian wilayah memakai kosa kata Oglangan ini.
Sebenarnya oglangan sendiri mempunyai arti dalam istilah bahasa jawa. Oglangan bisa berarti mati lampu total, mati lampu dari PLN. 

2. Dioglang
Ada juga istilah lainya yang hampir mirip Istilahnya yaitu dioglang. Nah istilah dioglang ini bisa mengartikan sistem masuk kerja atau Atau Mahasiswa atau pelajar. Yaitu untuk mengistikahkan kadang masuk/ krja kadang tidak. Bisa sehari libur sehari kerja ataupun seminggu masuk seminggu tidak. Nah istilah ini sering sekali disebut dengan dioglang. berlaku juga untuk kegiatan lainya.

Mudah mudah bermanfaat dan membantu tentang istilah bahasa jawa yang kami sajikan ini. Fan mudah mudah dapat dimengerti untuk menambah wawasan budaya jawa atau Bahasa Jawa. Iatilah oglangan ini memang lebih famillier di orang jawa khususnya Solo raya ataupun mungkin di sebagian wilauah yogyakarta.
Istilah bahasa jawa yang jarang kurang tau. Dan akan kami bahas di artikel artikel berikutnya tentang bahasa jawa.

Belum ada Komentar untuk "Arti Istilah Oglangan dan Dioglang dalam Bahasa Jawa Soloraya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel