Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kosakata Bahasa Jawa Mengungkapkan Emosi


Kembali membahas tentang bahasa jawa, masih berhubungan dengan kosakata yang muncul dalam kegiatan sehari hari. Nah kalau dalam judul kan di tulis kosakata bahasa jawa tentang emosi, akan tetapi bukan emosi yang sering kita lihat ya karena emosi tidak selalu tidak selalu dengan marah.

Secara umum  dalam bahasa indonesia emosi adalah ungkapan perasaan yang ditujukan atau ditunjukan kepada seseorang atau reaksi yang terjadi akibat dari kejadian tertentu. Contoh-contoh atau contoh dasar emosi yang ada dalam diri manusia adalah emosi bahagia, diam, marah, sedih, takut, jijik  dan terkejut. dan bisa dikatakan emosi tidak selalu negatif bahkan ada juga positifnya.

Secara etimologi emosi diartikan "bergerak keluar" emosi mempunyai bahasa latin "emovere" dalam beberapa artikel disebutkan emosi berasal dari bahasa perancis yaitu "emotion" menurut beberapa ahli emosi mempunyai beberapa pengertian yang berbeda salah satunya adalah Wiliam James bahwa emosi adalah  kondisi budi rohani yang menampakan diri dengan perubahan yang jelas.

Dalam bahasa jawa juga ada beberapa kosakata emosi yang bisa kita pelajari dan kita gunakan dalam percakapan sehari-hari dan disini admin sudah mengumpulkan 4 kosakata yang secara penggunaanya adalah bahasa / kosa kata ini  merupakan bahasa yang sopan

  1. Marah / Dimarahi bahasa jawanya Duka / Didukani
  2. Nangis bahasa jawanya Mular
  3. Suka bahasa jawanya Remen
  4. Diam bahasa Jawanya Mendel
  5. Tertawa Bahasa Jawabe nggujeng, Ngguyu

Semoga bermamfaat dam sedokit menambah perbendaharaan kosakata bahasa jawa yang sedang dipelajari.

Posting Komentar untuk "Kosakata Bahasa Jawa Mengungkapkan Emosi"