Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Ariwarti dan Kalawarti Dalam Bahasa Jawa


Sudah beberapa hari sepertinya admin tidak update artikel karena kesibukan dunia nyata. Seperti tema-tema sebelumnya, admin akan membahas kosakata bahasa jawa yang mungkin tidak kita mengerti atau hanya muncul di pertanyaan-pertanyaan pelajaran sekolah.

Ada dua kosakata atau istilah bahasa jawa yang akan kita bahas kali ini yaitu Kriwarti dan Kalawarti.  Hayo disini siapa yang ingat. Admin sendiri sebenarnya juga lupa apa arti dari dua istilah bahasa jawa ini. Setelah cari informasi dan sedikit baca-baca baru tau apa arti dari Ariwarti dan Kalawarti ini.

Teryata secara gampangnya jika dibacakan dalam bahasa indonesia Ariwarti adalah ssperti media berita yang bisa muncul sepeti koran yang dicetak setiap hari dengan berita yang aktual dan terbaru. kabar yang muncul setiap hari Seperti koran solopos, jawapos dan lainya.

Sedangkan yang dimaksut Kalawarti adalah media berita seperti najalah namun isinya seperti koran yang jarang munculnya tidak setiap hari sebagai contoh adalah majalah yang terbit tiap 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.

Tidak ada masalah ya jika kita membahas ini walaupun saat ini media online lebih mendominasi tapi dalam media online juga ada beberapa media  yang beritanya masuk dalam 2 klasifikasi dalam bahasa jawa diatas yaitu Ariwarti dan kalawarti

Penjelasan Ariwarti dan Kalawarti dalam bahasa jawa

ARIWARTI

Yaiku surat kabar sing metune saben dino di cetak saben dino ( ari = saben atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan setiap ) saben dino = setiap hari.

Ariwarti iku kelebu surat kabar ora majalah. Isine berita mesti anyar saben dino kedadian kedadian yang dikabarne saben dino.

KALAWARTI

Kala = jarang dadi kalawarti iku kelebu berita utawa info sing ora saben dino dicetak utawa diberitake. Kalawarti iku kelwbu majalah sing isine kaya koran utawa surat kabar. Biasane seminggu dicetak lan disebar srminggu pisan, seminggu pindo, utawa seminggu ping telu.

Semoga bermamfaat dan jika dirasa ada yang salah dari opini penjelasan ini mohon dibenarkan.


Posting Komentar untuk "Istilah Ariwarti dan Kalawarti Dalam Bahasa Jawa"