Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Aksara Angka Jawa

Dalam pertanyaan bahasa Jawa " yen nulis angka jawa lumrahe migunakake ?. Sebuah pertanyaan yang sedikit membuat bingung apalagi buat yang nggak ngerti bahasa jawa jadi tambah bingung lagi. Oke jadi dari pertanyaan bahasa jawa diatas admin ingin sekali membahas tentang aksara jawa. Dan seperti apa sih Aksara Angka Jawa itu.




Diatas adalah penampakan aksara angka jawa  dimulai dari angka 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7, 8, 9 dan angka 0. Jika dilihat sekilas Aksara Angka Jawa mirip dengan Aksara Jawa ( Aksara Legena).

Nah karena bentuknya Aksara angka jawa yang hampir mirip dengan Aksara  jawa ( Aksara legena ) maka dalam penulisanya antara aksara jawa ( akasara lagena ) dan Aksara jawa dipisah dengan pangkat pada ( : ) titik dua ini.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis angka bahasa jawa.


Yen nulis angka, nulis angka jawa lumrahe migunaake pada pangkat ( : ) dalam menulis bahasa jawa lazimnya  ditandai dengan pada pangkat ( : ) sebagai tanda atau pemisah antara Aksara Angka Jawa dan Aksara Jawa ( Aksara legena)







Seperti contoh diatas jika dibelakang kalimat ada tanda koma atau titik maka ( : ) padha pangkat berfugsi sebagai pemisah.


Diatas contoh penulisan aksara angka jawa berada ditengah aksara jawa ataea kima dan titik




Diatas cintoh kalimat aksara angka jawa jika berada diakhiran tanda titik

Kesimpulannya
Misalkan aksara jawa berada ditengah kalimat atau dihimpit aksara angja hawa maka sebelum dan sesudah garus ditandai dengan pangkat pada. Jika diakhiran ada titik dan koma maka pangkat pada ( : ) hanya dijaikan pemisah antara aksara jawa dan aksara angka jawa.

Posting Komentar untuk "Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Aksara Angka Jawa"