Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kuliah di Rumania, Banyak Beasiswa


Siapa mau kuliah di benua Eropa? Rumania bisa jadi salah satu negara yang tepat untuk tujuan studimu, lho! 

Rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tenggara dan menjadi salah satu negara tujuan favorit para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi. 

Nah, ada beberapa alasan kuliah di Rumania yang bisa buat kamu tambah yakin untuk studi di sana. Penasaran? Simak informasinya di artikel ini, yuk! 

Deretan Alasan Kuliah di Rumania 

Mau kuliah di Rumania, tapi masih ragu-ragu? Sini-sini MinBi kasih tahu alasan kenapa kamu harus kuliah di sana! 

1. Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Terjangkau

Rumania menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Hal ini tentu jadi pertimbangan bagus buat kamu yang mau kuliah di Eropa, tapi tidak mau keluar banyak uang.

Biaya hidup bulanan di Rumania berkisar 2.300 ROM (sekitar 7,9 juta rupiah). Sementara biaya kuliah terendah sebesar 2.986 ROM per tahun (sekitar 10 juta rupiah). 

Lebih murah bila dibandingkan negara Eropa lain, seperti Inggris, Swiss, Norwegia, dan Belanda. 

Meski murah, kamu tetap harus daftar beasiswa agar lebih fokus kuliah tanpa memikirkan biaya.

2. Kualitas Pendidikan Tinggi 

Meski biaya hidup dan pendidikannya murah, kualitas pendidikannya tetap tinggi. Terbukti dari 13 universitas di Rumania masuk jajaran pemeringkatan QS World University Ranking 2024. 

Rumania mengikuti sistem Bologna, yaitu gelar Sarjana berdurasi 3 tahun dan Master berdurasi 1-2 tahun tergantung bidang studi. Jadi kamu bisa lulus lebih cepat. 

Rekomendasi universitas terbaik di Rumania yang bisa jadi pilihan studimu, antara lain Babes Bolyai University, University of Bucharest, Alexandru Ioan Cuza University, dan Lucian Blaga University of Sibiu. 

3. Banyak Kesempatan Beasiswa 

Banyak beasiswa terbuka lebar untuk kuliah di sana. Beberapa beasiswa yang bisa kamu coba, seperti:

  • Romanian Government Scholarship | S1/S2/S3;
  • Erasmus Mundus Joint Master Degree | S2;
  • Aurel Vlaicu University of Arad Scholarship | S1/S2. 

Kalau mau mendaftar beasiswa, mulai persiapan dari beberapa bulan sebelum pembukaan pendaftaran. Berkas-berkas pendaftaran beasiswa itu cukup banyak dan memakan waktu, lho. 

Sebaiknya investasikan waktu tiga bulan sebelum pembukaan untuk persiapan. 

4. Budaya yang Kaya 

Rumania adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Kuliah di sana akan memberikanmu kesempatan untuk tinggal di negara dengan tradisi, bahasa, makanan, hingga keindahan alam yang menakjubkan. 

Rumania terkenal dengan kastil di mana-mana, mulai dari Kastil Bran, Kastil Peles, dan Kastil Corvin. Pemandangan alam negara ini juga sangat menawan, dengan lembah dan pegunungan yang mengelilingi perkotaan. 

Kamu juga tidak perlu khawatir soal bahasa, kebanyakan warga negara Rumania bisa berbahasa Inggris. Tapi, kamu juga perlu mempelajari bahasa Rumania agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan di sana. 

5. Lokasi Strategis di Eropa 

Salah satu keuntungan belajar di Rumania adalah lokasinya yang sangat strategis di Eropa. Rumania terletak di bagian tengah benua Eropa, yang memudahkan perjalanan dan eksplorasi ke negara-negara Eropa lainnya. 

Kamu bisa dengan cepat pergi ke negara-negara tetangga Rumania, seperti Hungaria atau Bulgaria. 

Jadi, selama masa studi di Rumania, kamu tidak hanya belajar di kelas, tapi juga melakukan perjalanan eksplorasi benua Eropa. Seru, kan? Itulah dia lima alasan kuliah di Rumania. Semoga membuatmu semakin yakin untuk kuliah di sana, ya! 

Jangan lupa daftar beasiswa biar kamu tidak pusing-pusing memikirkan biaya selama studi.

Mau daftar beasiswa luar negeri, tapi bingung harus cari informasi dari mana? Coba kunjungi situs Kobi Education aja! 

Kobi Education memberikan informasi lengkap tentang persiapan beasiswa dari A–Z, program mentoring, jasa proofreading dokumen beasiswa berpengalaman, sampai kursus IELTS. Lengkap banget, kan? 

Yuk, segera kunjungi situs kobieducation.com dan mulai raih beasiswa impianmu! 

Semoga bermanfaat, ya.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Kuliah di Rumania, Banyak Beasiswa"