Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Paganan Dipangan Kepangan dan Mbokpangan Dalam Bahasa Jawa




Masih menulis lagi tentang Bahasa Jawa karena menurut mimin banyak sekali yang akan terus kita bahas tentang arti bahasa jawa yang pastinya akan berguna sekali ketika kita berada di suatu tempat yang semuanya hanya bisa bahasa jawa mungkin saja. 

Nah pembahasan kali ini adalah membahas  kata tentang makanan dalam bahasa Jawa. Atau kosakata menggunakan kata makan dalam bahasa Jawa. 

Ada tiga jenis kata yang alam kita cari tahu apa artinya dan langsung saja. 

1. Panganan

Dalam bahasa Jawa yang dimaksud panganan adalah jenis makanan yang akan kita makan. atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai makanan. contohnya seperti lauk nasi cemilan dan lain sebagainya yang dapat dimakan dalam bahasa Jawa disebut panganan

2.  Dipangan

Dipangan adalah kata kerja dalam bahasa Indonesia artinya kegiatan memakan sesuatu yang memang dilakukan dengan cara sengaja.

3. Kepangan

Kepangan adalah kegiatan memakan sesuatu yang tidak disengaja atau tidak tahu kalau ikut kemakan. Dalam bahasa Indonesia adalah Kemakan. 

4. Mbokpangan

Mbokpangan dalam bahasa Indonesia adalah sebuah pertanyaan yang menanyakan tentang makanan yang ada apakah sudah dimakan. Contoh pertanyaannya adalah Segone Wis mbok pangan durung artinya nasinya sudah kamu makan belum. Jadi mbokpangan bisa di bahasa indonesiakan atau diartikan apakah sudah kamu makan? , kamu yang makan? , 

Emoat kata diatas merupakan bahasa Jawa yang terbilang bahasa percakapan sehari-hari akan tetapi merupakan bahasa keakraban yang terbilang kasar. Kalau sudah kenal akrab dan lain sebagai dengan seusia yang sama bisa pakai bahasa ini. 

Akan tetapi jika dengan orang yang lebih dihormati dan disegani atau belum kita kenal jangan dulu pakai kata ini lebih baik memakai bahasa halus

Kata ini biasa dipakai didaerah Jawa Tengah sekitar Surakarta Yogyakarta semarang dan sekitarnya

Semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "Arti Paganan Dipangan Kepangan dan Mbokpangan Dalam Bahasa Jawa"