Potensi Industri Kreatif Handicraft Dari Kabupaten Karanganyar

Bebrapa waktu yang lalu sempat mengunjungi salah satu perajin handicraft kerajinan tangan dari kayu pinus  di desa Nglebak Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.



Industri ini semestinya bisa menjadi industri padat karya yang akan banyak menyerap tenaga kerja didaerah sekitar pusat kerajinan tersebut. sumber daya alam seperti kayu pinus mungkin akan mudah kita temukan di daerah Kabupaten Karanganyar akan tetapi memang sepertinya untuk sumber daya manusianya sendiri masih kurang di Kabupaten Karanganyar.

Beberapa hari yang lalu saya datang ke lokasi ini untuk menawarkan pesanan hanger baju lumayan banyak kepada perajin.  Akan tetapi perajin ini belum bisa menyangggupi karena kurangnya tenaga kerja yang ada. sebenarnya potensi yang besar apabila pesanan ini bisa terpenuhi, mesti akan ada kelanjutanya sehingga akan semakin dikenal dan didaerah Kabupaten Karanganyar bisa dikenal ada industri kerajinan kayu pinus yang mumpuni.



Dari pembicaraan yang saya lakukan perajin ini memang sudah mempunyai beberapa langganan pemesan untuk di kirim kebeberapa kota di indonesia seperti di bali dan dari perusahaan ekspor furniture keluar negeri.

Potensi yang besar saya berharap industri ini terus berkembang diKabuoaten Karanganyar bisa menjadi sentra industri kerajinan pinus yang besar sehingga dapat menyerap banyak lagi tenaga kerja lokal di kabupaten karanganyar


Rekomendasi:

Bagaimana Menurutmu ? "Potensi Industri Kreatif Handicraft Dari Kabupaten Karanganyar"

Post a Comment