5 Tahap Mengubah Passion Menjadi Karir Impian

Kamu sedang mencari pekerjaan impian? Kalau iya.. pertama-tama, selamat untuk usaha keras yang sudah kamu lakukan. Mendapat pekerjaan yang sesuai harapan itu tidak pernah mudah, kecuali kamu selalu diliputi keberuntungan. Karena itu, catat baik-baik cara menemukan karir impian berikut ini karena, semuanya bukanlah tips yang sering kamu dengar.

Illustrasi | Picture Via Pexels.com


1. Rampingkan hidup

Hal pertama yang mutlak harus kamu lakukan adalah menyingkirkan semua hal yang tidak kamu cintai dalam hidup. Mengapa? Karena menyingkirkan semua hal yang tidak penting akan memberimu banyak waktu dan kesempatan untuk menemukan apa yang kamu sukai. Rampingkan hidupmu, tinggalkan kegiatan-kegiatan yang menyita waktu dan kerjakan tugas-tugas penting dengan lebih efisien.

2. Ikuti pola pikir

Kamu harus yakin bahwa kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu cintai. Pernahkah kamu berpikir seperti ini:

  • "Pekerjaan hanyalah pekerjaan. Mendapat pekerjaan berarti tujuan sudah terpenuhi."
  • "Tentu, mungkin mereka akan terus melakukan pekerjaan yang mereka cintai, tapi tidak denganku. Karena aku..."
  • "Semua orang tidak suka dengan apa yang aku impikan. Apa yang mereka pikir buruk adalah baik bagiku. Jadi, aku akan terus melakukan apa yang aku lakukan."

Pola pikir adalah bagian penting dari mencari pekerjaan impian. Mampu berpikir besar dan melihat dirimu sebagai orang yang penuh potensi dan berpeluang, bisa mengubah perjalanan karirmu secara drastis. Kamu harus yakin bahwa impianmu itu benar-benar ada (bahkan kamu bisa menciptakannya), memiliki kemampuan menemukannya, dan bisa sukses dengan hal itu.

Jadi, jika selama ini kamu masih menganggap bahwa pekerjaan hanyalah pekerjaan dan memikirkan impian-impian klise, segera ubah cara berpikirmu.

3. Jangan berjalan di tempat

Menurut survey yang dilakukan oleh lembaga bernama Gallup, 87% orang dari 142 negara tidak benar-benar melakukan pekerjaan mereka. 87% adalah sebuah tragedi. Artinya, sebagian besar orang di sekitarmu mempunyai saran yang buruk mengenai karir yang kamu impikan. Untuk itu, carilah 13% orang yang benar-benar melakukan pekerjaan mereka. Gali ilmu tentang mereka, temui mereka, dan jangan sungkan untuk meminta saran.

4. Pertimbangkan kehidupan impianmu

Salah satu cara untuk menghancurkan hidup adalah mengikuti perjalanan karir tanpa mempertimbangkan bagaimana karir tersebut mempengaruhi kehidupanmu secara menyeluruh. Seperti apa kehidupan impianmu? Kamu ingin bekerja dengan banyak orang, beberapa orang, atau sendirian? Kamu ingin bekerja untuk perusahaan besar, perusahaan kecil, atau perusahaanmu sendiri? kamu ingin bisa bekerja di mana saja atau di tempat tertentu? Kamu menginginkan jadwal yang fleksibel atau yang sudah ditentukan?

Secara keseluruhan, hidup seperti apa yang kamu inginkan? Kamu mungkin tidak bisa menjawab itu semua sekarang. Tidak apa-apa. Mulai saja untuk menulis apa yang kamu tahu tentang kehidupan impianmu itu.

5. Temukan kekuatan dan semangat


Apa kekuatan yang ada dalam dirimu? Kekuatan yang bukan keterampilan. Jika kamu berhasil menemukannya, kamu bisa mulai fokus untuk memaksimalkan kelebihan itu menjadi pondasi karir yang kuat. Dengan begitu, di saat yang bersamaan kamu juga bisa menemukan semangat kerjamu hingga merasa bahwa Senin pagi adalah waktu yang benar-benar menyenangkan.

6. Ambil tindakan besar

Jika kamu ingin menemukan atau menciptakan karir yang benar-benar kamu inginkan, maka kamu harus berani mengambil tindakan besar. Bahkan jika kamu harus menghadapi berbagai rintangan. Kamu ingin menjadi orang yang selalu ingin berjuang, atau orang yang mudah menyerah? Yakinlah, kamu bisa menemukan suatu pekerjaan yang menyatu dengan hati dan memberimu kesempatan untuk benar-benar sukses.

Jadi, terus cari karir impianmu!


Penulis / Editor : Amanes Marsoum

Belum ada Komentar untuk "5 Tahap Mengubah Passion Menjadi Karir Impian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel