Doa Niat Puasa Dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang ditunggu-tunggu Umat islam di seluruh dunia.

Puasa ramadhan wajib dikerjakan selama satu bulan. Puasa ramadhan merupakan Rukun islam

RUKUN ISLAM


  1. Mengucapkan 2 Kalimat syahadat
  2. Mendirikan Sholat
  3. Melaksanakan Puasa ramadhan
  4. Melakukan Zakat
  5. Haji bagi yang mampu

Puasa juga disebutkan dalam alquran agar manusia bisa atau mau menjalankan ibadah dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183-185 yang isinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) beberapa hari tertentu.

Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa) maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang-orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fitrah (yaitu) : memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itu lebih baik baginya.

Dan berpuasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa diantara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya san mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (Q.S. 1:183-185)

Siap yang masih inget dengan doa niat puasa dan doa berbuka puasayang diajarkan di sekolah ataupun di pengajian-pengajian atau TPA

Jika agak sesikit lupa yuk kita ingat kembai doa niat puasa dan doa berbuka puasa seperti dibawah ini

Picture via pecel.com/Abdullah Ghatasheh


Doa Niat Puasa

Bisa dibaca Sehabis sahur sebelum sholat Subuh

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."


Artinya: " Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka Puasa

Dibaca Sebelum Berbuka Puasa

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."


Artinya: "Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."
Jika sedang melakukan sahur ataupun berbuka puasa makanlah sewajarnya jangan berlebihan.Karena puasa selalu mengajarkan kita untuk selalu bisa bersyukur dengan apa yang kita punyai sekarang

Saat bulan Ramadhan salah satu syarat melaksanakan puasa adalah dengan melakukan sholat tarawih.

Laksanakan sahur agar memperoleh berkah saat berpuasa. Berpuasa dari imsyak subuh hingga waktu berbuka puasa saat maghrib segeralah melakukan buka puasa jika sudah waktunya, tidak boleh melakukan hubungan suami istri saat berpuasa, menjaga hawa nafsu dan perbanyak ibadah sunnat dan meningkatkan mengaji Al Quran.

Belum ada Komentar untuk "Doa Niat Puasa Dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel