Undha Usuk Basa Jawa

Basa jawa

Yang dimaksut Undha Usuk Basa Jawa adalah cara menggunakan bahasa jawa untuk menghormati lawan bicara saat melakukan interaksi berbicara menanyakan, atau memberitahu sesuatu dengan lawan bicaranya. Undha usuking basa jawa dibagi menjadi 2  bahasa jawa ngoko dan Krama.

Undha Usuking basa Yaiku

Yaiku tataraning basa jawa manut utowo miturut panggenane, lan kanggo ngajeni wong liya kang diajak lawan rembug.

Miturut Harjowiyana dan Supriya 2001 : 17-19 undha Usuking boso kapilah dadi loro yaiku undha usuking basa jawa ing jaman kejawen lan Undha Usuking Basa jaw ing jaman modern.

Kapan Undha Usuk Basa Jawa Dipakai

Seperti penjelasam arti dari undha usuk basa jawa yang dibagi menjadi dua jaman yaitu jaman jawa kejawen dan jaman jawa modern. Undha Usuk Basa Jawa Dijaman kejawe dipakai di masa kerajaan jawa didalan keraton surakarta dan Keraton Ngayogyakarta tahun sekitar tahun 1900 masehi. Lebih dipakai didalam keraton undha usuking basa jawa dijaman kejawen dibagi menjadi 4 yaiku 
  1. Basa jawa ngoko
  2. Basa jawa madyo
  3. Basa jawa krama
  4. Basa jawa krama inggil

Sedangkan Udha Usuk Basa Jawa Modern adalah bahasa jawa yang dipakai saat saat ini dalam pembicaraan sehari-hari tentu saja masih memakai bahasa jawa yang baik walaupun saat ini sudah banyak kosa kata baru dalam bahasa jawa. Unda usuk basa jawa modern dibagi menjadi 2

1. Basa Jawa Ngoko
  • Ngoko lugu
  • Ngoko alus
2. Basa Krama
  • Krama Lugu
  • Krama Alus

Kesimpulanya adalah undha usuk Basa  adalah tatacara dalam berbicara dengan orang lain tanoa mengurangi rasa hormat. Atau biasa dipakai menurut situasi tempat dan dengan siapa kita berbicara.

Materi diambil dari berbagai sumber dan Harjowiyana dan Supriya 2001 : 17-19 Undha Usuking Basa





Belum ada Komentar untuk "Undha Usuk Basa Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel