8 Aksara Murda Dan Pasanganya

Aksara jika dalam Bahasa Indonesia adalah huruf, sedangkan aksara murda jika adalah huruf kapital atau huruf besar yang biasa dipakai untuk menulisakan nama ataupun julukan tempat dan lainya. Aksara murda merupakan huruf kapitalnya tulisan jawa. dalam tulisan jawa aksara jawa carakan (huruf dasar ) ada sekitar 20 aksara, berbeda sedangkan aksara murda hanya terdapat delapan huruf.

8 Huruf Jawa Aksara Murda

Na-Ka-Ta-Sa-Pa-Nya-Ba


Aksara Murda Juga mempunyai huruf pasangan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Na-Ka-Ta-Sa-Pa-Nya-Ba

Dalam tulisan jawa aksara murda dipakai untuk nenuliskan jeneng(nama) orang , pangkat gekar kehormatan. aksara murda juga disebut aksara sesirah.Sama seperti aksara carakan aksara nurda merupakan turunan dari aksara brahmi india . Dan melalui proses perantara aksara kawi dan masih berkerabat dengan aksara Bali.

Sebabagi bagian dari ngur-uri budaya jawa tidak ada salahnya kita belajar dan mengetahui aksara Jawa Seperti Aksara Carakan dan murda sebagai bagian dari melestarikan budaya jawa. Mungkin saja nantinya kita sebagai pekerja kreatif ketika membuat desaim dengan tulisan aksara jawa tidak asal nulis. Karena auda tau. Semoga bermanfaat untuk belajar basa jawanya dan tetap semangat.




Belum ada Komentar untuk "8 Aksara Murda Dan Pasanganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel