Bunga Edelweiss Tidak Boleh Dipetik Kenapa

Foto from

Beberapa waktu lalu sempat viral ada beberapa pendaki perempuan yang secara sengaja memetik bunga edelweiss ketika mendaki gunung. Entah sengaja atau memang tidak mengetahui aturan yang ada. Para pendaki perempuan mendapat teguran dari para pendaki lain ketika membawa bunga edelwiss yang sudah di petik, ada yang langsung meninggalkan bunganya ditempat dan kabur, ada juga yang tidak menggubris dan tetap membawa bunga tersebut walaupun sudah mendapat teguran dari para pendaki lainya.

Kenapa Bunga Edelweiss tidak boleh dipetik

Larangan memetik bunga edelweiss tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Selsin itu jugs terdapat dalam . Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Ternyata aturan ini memang ada dan sudah tercantum dalam undang-udang dan termasuk tumbuhan yang dilindungi. Sehingga jika kedapatan memetik bunga eldelwiss dan ketahuan oleh petugas bisa-bisa terkena denda sampai dengan 100 juta dan rupiah dan pidana kurungan sampai 5 tahun. Belum lagi bisa juga menjadi bahan hujatan dari para netuzen.

Baca Juga :  Luar Biasa Ternyata Buncis Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss dijuluki sebagai bunga abadi. Bunga Edelweiss banyak tumbuh di pegunungan nusantara Indonesia salah satunya adalah Gunung Lawu. Jika kamu mendaki Gnung Lawu kamu akan banyak menemui bunga edelwiss di musimnya.

Bunga edelweiss mempunyai nama latin Anaphalis Javanica sejenis tumbuhan endemik Alphina/montana. Walaupun bisa tumbuh sampai 8 meter dan mempunyai batang hingga diameter 15cm namun pada umunya tumbuhan ini hanya tumbuh sampai 1 meter dan bernatang kecil.

Kenapa bunga ini di lindungi ini adalah akibat dari perilaku buruk tangan-tangan jahil sehingga menggangku perkembanga bunga abadi ini. Dulu sempat diperjual belikan sekarang banyak tangan jahil. Yuk selalu kita ingatkan dam kasih tau bahwa bunga abadi ini adalah bunga yang dilindungi dan dilarang untuk dipetik.

Foto ilustrasi bunga From : pexels.com/pexels-daria-shevtsova.

Belum ada Komentar untuk "Bunga Edelweiss Tidak Boleh Dipetik Kenapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel