Lentho atau Mentho Dalam Bahasa Jawa

Lentho atau mentho adalah jajanan yang disukai orang jawa.

Lentho

Makanan kalau orang jawa menyebutnya dengan panganan. ketika orang jawa bertanya dalam bahasa jawa " Sing mbok pangan kui opo " Sebuah kalimat tanya yang artinya "yang kamu makan itu apa".

Ada banyak sekali makanan tradisional Indonesia, untuk sekedar cemilan sih sudah pasti banyak sekali. Jika kamu pernah mendengar jajanan pasar sudah pasti beragam jenis makanan dan gorengan tersedia. Dalam sejarahnya memang orang jawa suka sekali memakan singkong pada jaman dulu dan sampai sekarang pun masih banyak yanag suka. Entah itu singkong goreng ataupun rebus. Mereka akan memakanya di pagi saat masih hangat sambil minum teh ataupun kopi

Dari singkong orang jawa dapat mengolahnya menjadi berbagai macam jenis panganan dari tiwul hingga gorengan seperti gatot, Keripik singkong dan lain sebagianya.  Ada salah satu makanan juga yang banyak disukai oramg jawa yang terbuat dari adonan singkong yang sudah dihancurkan.

Lentho Atau Mentho

Sebagaian orang menyebutnya dengan mentho ataupun lentho. Makanan ini diolah dengan cara di goreng kering hingga bagian luar Berwarna kecoklatan. Kalau admin tidak tahu pasti ini makanan khas jawa bagian mana. Lentho dengan beragam jenisnya banyak tersebar dan di jual  sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Tmur. Tapi memang tidak menutup kemungkinan ada di seluruh Indonesia pun ada

 Ciri Khas Lentho Atau Mentho.

Biasanya berwarna kecoklatan karena proses pembuatanya adalah dogoreng. Terlihat ada kacang tolonya. Lalau kamu perhatikan bentuk lentho atau mentho terlihat bulat lonjong dan ada bekas jari jarin tangan. karena sebelum digoreng letho akan dikepal-kepal dulu menggunakan tangan.

Dalam Bahasa Jawa Lentho atau mentho merupakan naman makanan panganan atau gorengan yang terbuat dari adonan singkong dicampur parutan kelapa dan kacang tolo yang proses memasaknya dengan cara digoreng.

Belum ada Komentar untuk "Lentho atau Mentho Dalam Bahasa Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel