Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lantip Dalam Bahasa Jawa

 Opo Tegese Tembung Lantip Iku

Dalam sebuah mata pelajaran bahasa jawa biasa kata lantip muncul sebagai bahan pertanyaan. Nah kali ini adkin akan sedikit mengulik arti kata lantip. Atau tegese lantip ing basa jawa.

Ada pepatah jawa yang paling terkenal menggunakan kata lantip yang syarat akan makna yang baik. Pepatah jawa itu adalah "Laku Ing Sasmita, amrih lantip " Artinya Jika Seseorang ingin berilmu. Harus mengasah lahir dan batinnya.

Tegese Tembung Lantip ing tembung Basa Jawa

Lantip dalam bahasa jawa menirit KBBI diartikan sebagai orang berotak cemerlang atau cerdas.
Kata lantip selain ada dalan pepatah biada dipakai juga dalam sebuah nama. Karena kita nama itu adalahbsebuha doa dengan harapan yang baik. Ketika seseorang memberi nama anaknya dengan kata lantip adalah dengan harapan anak tersebut kelak mejadi anak yang cerdas dan pintar.

Pada tembang mocopat kinanthi ada juga yang  menggunakan tembung lantip yaitu "Padha gulangen ing kalbu ing sasmita amrih lantip " yang artinya  ada baiknya jika seseorang bisa melatih hatinya supaya hatinya menjadi pintah dalam terjemahan bahasa jawa bisa diartikan "latihen atimu supaya bathinmu pinter"

Semoga bermanfaat dengan artikel ini tentang arti lantip dalam bahasa jawa. Dan buat adik adik sekolah mudah-mudahan bisa membantu dalam proses belajar mengajar salam Bahasa Jawa

Posting Komentar untuk "Arti Lantip Dalam Bahasa Jawa"