Gedang Godhog Dan Filosofi Pohon Pisang


Pisang rebus kalau orang jawa sih menyebutnya dengan gedhang godhog. Sesuai dengan namanya tentunya kita sudah tahu bagaimana mengolah pisang ini. Ada jenis pisang tertentu yang memang enak raanya ketika diolah dengan cara direbus. Godhog dalam bahasa indoesia berarti Rebus. Pisang memang banyak sekali manfaatnya ya buat umat manusia. Pisang sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilah berat dari yang di goreng sanmpai direbus. Beberapa olaha yang paling terkenal adalah sale, pisang goreng, pisang rebus dan bisa juga dicampur mejadi kolak ataupun sup buah tergantung kita ya mau diolah seperti apa.

Hmm.. tidak tau mengapa ya akhir akhir ini mimin merasa sedang gabut dalam menjalani kehidupan. Galau kerena  belum bisa menjalankan agama dengan baik, galau dengan pekerjaan yang tidak tahu arahnya kemana. Kebetulan memang sedang sedikit ada kegaluan di pekerjaan utama mimin entah bagaimana kedepanya tapi ya sudahlah tidak usah dipikirkan terlalu. dan sampai pada akhirnya beberapa waktu lalu minin makan gedang godhog atau pisang rebus yang  memang rasanya enak sekali ya, entah mengapa jadi teringat dengan fisosofi pohonya, iya pohon pisangnya.

Sangat unik sekali pohon pisang sebenarnya, pohon dengan berbagai manfaat untuk umat manusia dari daung , plepah buat dan lainya bisa bermanfaat untu untuk kehidupan manusia. ada beberapa hal menarik dari pohon pisang yang buahnya sangat enak, seperti buah yang berasal dari surga.

Filosofi pohon Pisang.

Bisa hidup dan tumbuh dimana saja. Bagaimana kondisinya atau kondisi tanahnya yang selalu berbeda pohon pisang masih bisa hidup. Terkadang bekas pohon pisang yang sudah tertutup oleh cor saja tiba-tiba bisa menembus menghancurkan cor tersebut. Dari ini kita bisa mengibaratkan kita masih bisa berjuang dan tumbuh keembaki dari kegagalan atau ada orang yang menhalang-halangi usaha kita . Dengan sabar dan berusaha dengan ijin yang maha kuasa kita akan bisa bangkit kembali.

Kebanyakan Pohon pisang akan kan mati sebelum dia mengeluarkan atau berbuah pisangnya.

Dari sini bisa kita ambil pelajaran bahwa berusahalah sampai titik darah penghasilan, sampai kamu bisa berhasil dengan kerja keras kita, dari hasil kerja keras bisa kita berikan ke keluarga ataupun bisa bermanfaat bagi orang lain.

Dari gedang godhog jadi teringat filosofi diatas dan juga ada pepatah jawa atau unen-unen jawa yang terkenal tentang pohon pisang " Yen Pengen Uripmu Tentrem, Uripo Koyo wit gedhang" kalau pengen hidup tenang hiduplah seperti pohon pisang. Mau hujan mau apa mau amgin cuaca apapun pohon pisang bisa tetap tenang dan bisa tumbuh kembali apapun kondisinya.

Buah Kehidupan

Membaca dan melihat dari beberapa artikel yang membahas gedhang atau pisang. mempunyai banyak sekali manfaat dan dijuluki sebagai buah kehidupan.  Karena dalam pisang mengandung banyak sekali kalium dan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.  Disisi lain dapat menjaga kesehatan jantung dan memperlancar oksigen yang menuju ke otak. Dari ini bisa kita tahu kan pisang memang sangat baik sekali untuk kesehatan, Selain itu juga banyak sekali atllet yang rutin mengkonsumsi pisang.


Belum ada Komentar untuk "Gedang Godhog Dan Filosofi Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel atas

Iklan dalam artikel

Iklan Bawah Artikel