Arti Gendakan Dalam Bahasa Jawa

Bahasa jawa

Hari ini tiba- tiba ada teman mimin yang suka dengan lagu bahasa Jawa seperti Deni Caknan, dan artis Jawa lainya selalu menanyakan tentang maksut dan arti dari lagu-lagu Jawa yang dia suka. 

Nah lewat lagu bahasa Jawa banyak sekali kata yang sebelumnya orang tidak tahu menjadi penasaran karena viral dan digunakan di banyak video atau konten di media sosial. 

Beberapa waktu yang lalu ada kata lathi, satru juga menjadi kata yang viral dan dicari artinya oleh banyak orang yang tidak mengerti tentang bahasa Jawa. 

Dari dua kata diatas semakin banyak orang yang penasaran dengan beberapa arti kata yang tiap hari dipakai oleh orang Jawa saat berkomunikasi ataupun dipakai untuk lirik lagu. Bahkan kata- kata tabu aneh dan terbilang kasar bagi orang jawa juga banyak dicari.


Contohnya adalah arti dari misuh dan kata-kata misuh. Misuh sendiri memiliki arti mengumpat, mengeluarkan kata kasar atau tidak pantas di kalayak umum. Sebenarnya misuh sendiri bagi sebagian orang Jawa sudah dipakai sebagai kata gaul atau bahasa akrab untuk teman yang sudah dekat sekali itu tidak apa. 

Akan tetapi jangan sampai dipakai  atau berbicara dengan orang yang belum dikenal. Orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.
Saat ini yang sedang viral dan banyak dicari arti bahasa jawanya adalah kata gendakan. Gendakan bisa terbilang sedikit negatif artinya  ini juga termasuk dalam bahasa akrab ataupun gaul bahasa jawa

Gendakan dalam arti posisif bisa berarti orang yang disukai. Tapi ada juga yang mengartikan selingkuhan. Ini berlaku untuk pria ataupun wanita.  Atau ketika iri atau cemburu terhadap teman yang sedang jalan dengan pacarnya bisa juga dibilang  "gendakanya" Gerakan bisa juga diartikan pacar dari seseorang. 

Arti bahasa Jawa lain yang populer dan dicari
  1. Tilem artinya tidur
  2. Dahar artinya makan
  3. Selangkung artinya duapuluh lima
  4. Leres artinya benar
  5. Sae artinya bagus
  6. Sanes artinya bukan
  7. Mangku artinya memangku
  8. Purel adalah bahasa Jawa Timur terkenal sebagi orang yang bekerja di dunia hiburan seperti menjadi karoke
  9. Nyeni artinya sebuah karya atau kegiatan yang mempunyai nilai seni
  10. Mboten artinya tidak
  11. Lengo klentik Artinya Minyak Goreng
  12. Genti artinya preman
  13. Gali artinya preman/penjahat
  14. Bolo artinya teman / teman dekat / teman satu genk
  15. Wis angel artinya susah dibilangin / kepala batu
  16. Rabi artinya menikah
  17. Mamut artinya nurut
Semoga bermanfaat





Posting Komentar untuk "Arti Gendakan Dalam Bahasa Jawa"