Banyaknya Katub Yang Ada Di Jantung Manusia

Katub

Menjaga kesehatan jantung sangat dianjurkan sekali. Karena jantung termasuk salah satu organ tubuh yang sangat vital. Letak jantung sendiri berada di rongga udara yang berperan penting dalam sirkulasi darah. 

Penyakit jantung juga merupakan salah satu momok yang menghantui manusia. Salah satu penyebab sakit jantung bisa berawal dari pola hidup yang tidak sehat atau memang bawaan kelainan dari lahir. 

Di dalam organ Jantung ada 4 katup yang sangat penting dalam membantu sirkulasi darah.  Secara luas jantung mempunyai fungsi  yaitu mengedarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh, memastulikan nutrisi dan oksigen untuk tubuh dan kebutuhan sel sel seluruh tubuh manusia. 

4 Katup penting dalam jantung

1. Katup Triskupid

Fungsinya untuk mencegah aliran balik dari  bilik kanan ke Serambi kanan.  Letak katup triskupid berada diantara bilik kanan dan Serambi kanan

2. Katup mitral

Terletak di antara serambi kiri dan bilik kiri. Fungsinya untuk mengalirkan darah dari serambi kiri ke bilik kiri

3. Katup pulmonal

Terletak di antara bilik kanan dengan pembuluh darah paru-paru (arteri pulmonalis), fungsinya adalah mengalirkan darah terdeoksigenasi atau rendah oksigen dan kaya karbon dioksida dari bilik kiri pembuluh darah arteri pulmonalis masuk ke paru-paru. 

4.Katup Aorta

Katub aorta mempunyai fungsi mencegak aliran balik dari aorta ke bilik kiri jantung.  Terletak di antara bilik kiri dengan pembuluh darah arteri besar. Pembuluh  darah yang membawa darah kaya akan oksigen untuk dialirkan keseluruh tubuh. Karena katun aorta adalah katub terakhir

Posting Komentar untuk "Banyaknya Katub Yang Ada Di Jantung Manusia"